Kamis, 18 April 2013

Pembahasan Topik pada Komputer dan Masyarakat

Pembahasan mengenai topik yang diajukan pada study Komputer dan Masyarakat

Oleh Kelompok E :
  1. Farida Rahayu
  2. Loli Yuniarti    
  3. Rahma Yunita
Prody : Sistem Informasi
Semester : IV

1. Bagaimana pendidikan jarak jauh bermanfaat bagi orang-orang yang cacat tubuh?
Pendidikan jarak jauh akan lebih terasa manfaatnya bagi orang yang mengalami cacat tubuh secara fisik, seperti lumpuh. Dengan adanya pendidikan jarak jauh orang yang mengalami kelumpuhan tersebut akan merasa terbantu karena dapat dengan mudah mendapatkan pembelajaran langsung tanpa harus mendatangi atau pergi ke tempat pembelajaran atau sekolah, meskipun tanpa bertatap muka tapi tetap dapat melakukan interaksi atau berkomunikasi layaknya pembelajaran langsung tatap muka.
Tapi pendidikan jarak jauh akan kurang efektif bagi orang-orang yang cacat secara komunikasi seperti tuna netra, tuna rungu, atau pun tuna wicara. karena orang yang cacat secara komunikasi membutuhukan kekhususan dalam berinteraksi, dalam hal ini seperti peraga atau bahasa isyarat yang akan sulit jika dilakukan tanpa tatap muka.

2. Kelompok-kelompok apa yang akses internetnya lebih rendah dari pada kelompok lainnya? Apakah mereka berada di lokasi geografis tertentu?
Kelompok-kelompok yang akses internetnya rendah yaitu kelompok yang tinggal di daerah pegunungan karena biasanya rendah akses atau kualitas jaringan pada suatu provider. Rendahnya kualitas jaringan ini akan dapat menghambat dalam mengakses internet. Daerah yang masih terhambat atau mempunyai masalah pada arus listrik juga otomatis akan sulit untuk mendapatkan kualitas akses internet yang baik.

3. Jika seorang anak tumbuh di lingkungan rumah tanpa komputer atau koneksi internet, dan tidak punya akses ke komputer atau internet di sekolah, apakah efeknya akan sangat kentara pada masa depan anak tersebut?
Hal ini tentu sudah jelas akan sangat berpengaruh pada masa depan anak terkhususnya dalam bidang teknologi, dimana teknologi semakin berkembang seiring berjalan waktu dan teknologi juga digunakan sebagai salah satu media untuk berkomunikasi. Jadi, jelas selain gaptek anak tersebut tidak mengetahui mengenai dunia luar yang kebanyakan informasinya didapatkan dari kemajuan teknologi, yaitu penggunaan atau pemanfaatan akses internet,

4. Dapatkah Anda menyebutkan 5 hal yang tidak akan diketahui oleh anak itu tentang bagaimana melakukannya, dibanding sebagian besar teman sebayanya yang mengetahui?
a. Sudah jelas hal utama yang tidak diketahuinya yaitu apa komputer itu sendiri, sehingga anak tidak tahu bagaimana menghidupkan dan menggunakan komputer.
b. Jika pengetahun tentang komputer saja tidak lalu bagaimana mungkin seorang anak dapat mengetahui apa itu internet.
c. Anak tidak tahu apa manfaat dari internet itu.
d. Anak juga tentu tidak akan mengetahui bagaimana mengkoneksikan internet.
e. Anak tidak dapat menggunakan internet dengan baik secara efektif dan efisien.

Tidak ada komentar: